IDENTIFIKASI KOMPENEN KIMIA BUAH BINTARO (Cerebera mahgas.L) SECARA KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

  • Dewi Lidiawati Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
Keywords: kromatografi, bintaro, ekstrak

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimental yaitu percobaan yang bertujuaan untuk mengetahui jumblah kompenen kimia yang terdapat pada ekstrak buah bintaro (Cerebera manghas L) dengan menggunakan metode kromatografi lapis tipis.

Untuk menetukan jumblah senyawa polar dan non polar pada buah bintaro maka dilakukan KLT  yang merupakan cara pemisahan campuran senyawa menjadi senyawa murni dan mengetahui kuantitasnya.

Hasil dari kromatografi lapis tipis ekstrak buah bintaro (Cerebera manghas L) yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa jumblah kompenen kimia pada hasil kromatografi lapis tipis ekstrak dietil eter (non polar), cairan pengelusi heksan - etil asetat ( 9 : 1) sebanyak 10, cairan pengelusi heksan-etil asetat (8 : 2) sebanyak 8, Cairan pengelusi heksan-etil asetat ( 7 : 3) sebanyak 6. Dan hasil dari kromatografi lapis tipis ekstrak n-butanol (polar) cairan pengelusi kloroform - methanol – air (20 : 6 : 1 ) sebanyak 2, (15 : 6 : 1 ) sebanyak 2, dan (10 : 6 : 1) sebayak 2.

Published
2023-03-31
How to Cite
Lidiawati, D. (2023). IDENTIFIKASI KOMPENEN KIMIA BUAH BINTARO (Cerebera mahgas.L) SECARA KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Jurnal Farmasi Al-Ghafiqi, 2(1), 1-5. Retrieved from https://jurnal.itkesmusidrap.ac.id/JUFAL/article/view/423