HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN TERHADAP KEPUASAN LAYANAN PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN RAWAT JALAN

  • Ibrahim ibe ITKES Muhammadiyah Sidrap, Sidrap
Keywords: kepuasan, rawat jalan, BPJS

Abstract

Kepuasan pasien merupakan standar suatu rumah sakit, kepuasan pasien yang rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan dirumah sakit, sedangkan sikap karyawan terhadap pasien juga akan berdampak terhadap kepuasan pasien dimana kebutuhan pasien dari waktu ke waktu akan meningkat, begitu pula tuntutannya akan mutu pelayanan yang diberikan.

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien BPJS rawat jalan dalam mendapatkan pelayanan di UPT RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidrap, Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan melakukan analisis univariat menggunakan aplikasi SPSS.

Berdasarkan hasil yang telah dilakukan di UPT RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidrap hasil penelitian yang saya lakukan pada tanggal 15 juni 2022 sampai pada tanggal 15 juli 2022 dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil uji univariat pada kategori keandalan (realiability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), bukti fisik (tangible) dapat dilihat bahwa kuliatas pelayanan di UPT RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidrap sangat puas dengan presentase 97.5% dan tidak puas dengan presentase 2,5%.

References

Ampu, M. N. (2020). pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap tinkat kepuassan pasien pengguna bpjs di desa suanae (puskesmas eban). Ekonomi,Sosial & Humaniora, 02(05), 2686–5661.
Andini, M. D. F. (2018). tingkat kepuasan pasien umum rawat jalan terhadap kualitas pelayanan instalasi farmasi rumah sakit lestari raharja kota magelang. Karya Tulis Ilmia, 2018.
https://doi.org/10.1016/j.gecco.2019.e00539%0Ahttps://doi.org/10.10 16/j.foreco.2018.06.029%0Ahttp://www.cpsg.org/sites/cbsg.org/files/ documents/Sunda Pangolin National Conservation Strategy and Action Plan %28LoRes%29.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.forec
Awalinda, T., Ake, J., & Consolatrix da Silva, M. (2019). tingkat kepuasan pasien peserta bpjs kesehatan terhadap kualitas pelayanan di puskesmas bailang kota manado. Jurnal Ilmiah Perawat Manado (Juiperdo), 7(1), 01–12.
Kurnia, S., Hastuti, W., Mudayana, A. A., & Nurdhila, A. P. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. 11(2).
Maghrobi, A. D., Verawati, M., & Munawaroh, S. (2019). TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TENTANG MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP MAWAR RSUD Dr.HARDJONO PONOROGO. Health Sciences Journal, 3(1), 89. https://doi.org/10.24269/hsj.v3i1.223
Noviana, P. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi di Rsud Pare Menggunakan Metode Servqual Patients. Jurnal Wiyata, 4(2), 111– 120.
Nurjaman, D., & RUkasa, D. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Ruang Pafio B Rsud Cibinong. Jurnal Ilmiah Wijaya, 11(2), 101–111.
Nurtaruli, A. (2019). Gambaran tingkat kepuasaan pasien peserta BPJS kesehatan terhadap pelayanan kefarmasian di unit rawat jalan rumah sakit islami siti aisyah madiun. Karya Tulis Ilmiah, 45(45), 95–98.
SSabilla, A. G. (2021). Open Acces Acces. Jurnal Medika Hutama, 03(01).
Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 6 (1): 9-15, Januari 2017, 6(1), 9–14. https://doi.org/10.18196/jmmr.6122.Kualitas
Yanuarti R, Oktavidiati E, Febriawati H, & Oktarianita O. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1),1–8. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKA/article/view/2311 Zumria,
Narmi, & Tahiruddin. (2020). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Dan Non Bpjs Terhadap Mutu Pelayanan Di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Karya Kesehatan, 1(1), 2747– 2108.
Published
2024-02-15