HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN LAMA KERJA DENGAN PENANGANAN PASIEN GAWAT DARURAT DI UPT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN NU'MANG KABUPATEN SIDRAP

  • mannasiah mannasiah ITKES Muhammadiyah Sidrap
  • asnuddin asnuddin
Keywords: pendidikan, lama kerja, pasien, gawat darurat

Abstract

Triase hal penting dalam merawat dan melakukan penilaian awal pasien di instalasi gawat darurat. Pasien yang datang ke instalasi gawat darurat merupakan pasien yang membutuhkan pertolongan cepat dan tepat sesuai dengan kondisi klinis yang dialaminya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analitik deskriptif Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif survei analitik dengan pendekatan cross sectional study yaitu rancangan penelitian yang bertujuan menggambarkan dan menganalis masalah penelitian yang terjadi dengan melakukan pengukuran atau pengamatan pada saat bersamaan/sekali waktu.

Sampel dalam penelitian ini adalah perawat yang bekerja di Instalasi Gawat Darurat UPT Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Nu'mang Kabupaten Sidrap sebanyak 24 orang. Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling. Ada hubungan yang signifikan antara lama kerja dengan penanganan pasien gawat darurat di Instalasi gawat darurat UPT Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Nu'mang Kabupaten Sidrap Tahun 2023 dengan nilai hitung P = 0,032. Ada hubungan yang signifikan antara pendidikan perawat dengan penanganan pasien gawat darurat di Instalasi gawat darurat UPT Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Nu'mang Kabupaten Sidrap Tahun 2023 dengan nilai hitung P = 0,017.

References

Ali dkk, (2022). Hubungan Respon Time Dengan Perubahan Kesadaran Pada Pasien Cedera Di IGD Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Stikes Panakukang Makassar. Altruistik Nursing : Jurnal Ilmiah Keperawatan Vol.11 No.2, 2022. Diakses pada tanggal 26 Maret 2023.
Devi, A. F. (2017). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Lama Waktu Tunggu Pasien Setelah Keputusan Rawat Inap Diputuskan Di Zona Kuning Instalasi Gawat Darurat Rsud.
Evi dkk. (2016). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Triase Perawat Pelaksana Di Ruang IGD Rumah Sakit Tipe C Malang. Program Studi Magister Keperawatan Universitas Briwijaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan Volume 12 No.3
Firiyanti. (2016). Hubungan Karakteristik Perawat Dengan Motivasi Kerja Dalam Pelaksanaan Terapi Aktivitas Kelompok Di Rumah Sakit Khusus Daerah Duren Sawit. Jakarta Timur. Artikel Ilmu Kesehatan Vol.8 No.1. Fakultas Kesehatan MH Thamrin.
Febriani, A. S. (2017). Hubungan Kegawatdaruratan dengan Waktu Tanggap pada Pasien Jantung Koroner. 471–477.
Garbez, et all. (2011). Factors Influencing Patient Assignment To Level 2 and Level 3 Within The 5-Level ESI Triage Sistem.

Gustia. (2018). Hubungan Ketepatan Penilaian Triase Dengan Tingkat Keberhasilan Penanganan Pasien Cedera Kepala Di RSU HKBP Balige Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Jumantik Vol.3 No.2
Kholina, P. P. A. R. (2021). HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DENGAN PELAYANAN GAWAT DARURAT INSTALLATION DEMANG SEPULAU RAYA HOSPITAL CENTRAL LAMPUNG. 6, 69–79.
Khairina dkk. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengambilan Keputusan Perawat Dalam Ketepatan Triase Di Kota Padang. Indonesian Journal For Health Sciences Vol02 No.01
Rekam Medik UPT RSUD Arifin Nu'mang, (2023). Kabupaten Sidrap
Santoso, B. B. (2017). Artikel Lainnya Mengenal Instalasi Gawat Darurat ( IGD ) dan Pediatric Intensive Care Unit ( PICU ) di Rumah Sakit.
Yulanda, U. P. H. I. B. N. A. (2020). LITERATURE REVIEW: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RESPONSE TIME PERAWAT PADA PENANGANAN IGD. 56, 1–14.
Yuliati. (2018). Model Peningkatan Ketrampilan Perawat Dalam Melaksanakan Respon Time Pada Kasus True Emergency Di Unit Emergency.
Published
2023-07-29