the RELATIONSHIP BETWEEN NURSE WORKLOAD TO THE IMPLEMENTATION OF HEALTH EDUCATION IN PORSEA HOSPITAL ITEMS

NURSE WORKLOAD TO THE IMPLEMENTATION

  • rani1403 kawati damanik USM Indonesia
Keywords: Beban Kerja perawat, Pendidikan Kesehatan

Abstract

Perawat pendidik mempunyai tanggungjawab untuk meningkatkan pengetahuan pasien dengan melakukan pendidikan kesehatan. Namun hal ini sering terkendala dengan beratnya beban kerja perawat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan beban kerja perawat terhadap penerapan pendidikan kesehatan di ruang rawat inap RSUD Porsea. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat di ruang rawat inap, dengan pengambilan sampel menggunakan total sampel yaitu 31 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Uji statistic yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Chi Square. Hasil penelitian diperoleh bahwa beban kerja perawat mayoritas berat sebanyak 23 orang (74,2%), penerapan pendidikan kesehatan mayoritas tidak baik sebanyak 22 orang (71%). Hasil uji statistik menggunakan Chi Square menunjukkan adanya hubungan beban kerja perawat terhadap penerapan pendidikan kesehatan di ruang rawat inap dengan nilai p= 0,015 (p<0.05). Kesimpulan semakin berat beban kerja perawat maka semakin tidak baik penerapan pendidikan kesehatan, sebaliknya semakin ringan beban kerja perawat maka semakin baik penerapan pendidikan kesehatan. Diharapkan manajemen Rumah Sakit perlu melakukan analisa beban kerja perawat secara objektif sehingga kendala dalam penerapan pendidikan kesehatan dapat diminimalkan

References

Kemenkes, R. 2016. Profil Kesehatan Indonesia 2016. In Profil Kesehatan Provinsi Bali. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-2016.pdf
Yuliatin, E., Susilaningsih, S. 2020. Hubungan beban kerja perawat dengan pelaksanaan pendidikan kesehatan dalam pencegahan risiko jatuh di ruang rawat inap rumah sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 9, 42–49. https://www.ojs.widyagamahusada.ac.id/index.php/JIK/article/download/217/167.
Kusumawati, D., & Fradinata, D. 2015. Hubungan Beban Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Igd Rsud Blambangan Banyuwangi Tahun 2015. E-Journal, 3(kinerja perawat), 176–190.

Arlina. 2016. Pengaruh Beban Kerja terhadap Kelelahan Kerja pada Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tentara Tk.IV 010702 Binjai Kesdam I BB Tahun 2016. 4–16.
Aprini. 2018. Hubungan Beban Kerja dan Kelelahan Kerja pada Perawat di Rumah Sakit Vita Insani Pematangsiantar Universitas sumatera utara. Fakultas Kesehatan Masyarakat, 116.
Silitonga, E., Saragih, M., & Sipayung, R. 2020. Hubungan Beban Kerja Dengan Motivasi Kerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan. Jurnal Keperawatan Priority, 3(2), 85–92. https://doi.org/10.34012/jukep.v3i2.978
Buanawati, F. 2019. Hubungan Beban Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap(Muzdalifah, Multazam Dan Arofah) Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Kota Madiun. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78
Mislaini, & Kamil, H. 2017. Pelaksanaan Metode Pendidikan Kesehatan Pada Discharge Planning oleh Perawat Ruang Rawat Inap. Universitas Syiah Kuala, 1–8.
Ilyas. 2005. Kinerja: teori, penilaian dan penelitian. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Lasmito. 2016. Motivasi Perawat Melakukan Pendidikan Kesehatan Di Ruang Anggrek RS Tugurejo Semarang. Program Studi Ilmu Keperawatan UNDIP. Jurnal Ilmu Keperawatan
Published
2023-07-29