PENGARUH EDUKASI PADA IBU NIFAS TERHADAP PENGETAHUAN TANDA BAHAYA MASA NIFAS DI PUSKESMAS ANDOOLO UTAMA KABUPATEN KONAWE SELATAN TAHUN 2024
Abstract
Salah satu masa yang memiliki resiko yang menyebabkan kematian adalah pada saat ibu berada pada masa postpartum sehingga perlu dilakukan perawatan masa nifas sebagai bentuk upaya untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Laporan WHO 30% ibu mengalami kematian pada masa nifas. Banyak ibu yang tidak menyadari jika masa nifas yang sedang dijalani mengalami masalah dan terlambat melakukan pemeriksaan diri pada petugas kesehatan, terjadinya hal ini karena ibu nifas kurang mengetahui tanda bahaya yang dapat terjadi pada masa nifas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian Edukasi tentang tanda bahaya masa nifas terhadap pengetahuan ibu nifas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasy Eksperimen yang desainnya dengan one group pretest-posttest, sampel yang berjumlah 30 ibu nifas, dengan penarikan total sampel. Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan menggunakan kuesioner. SPSS digunakan untuk Pengolahan data dan uji yang digunakan adalah uji Wilcoxon dengan nilai kepercayaan kurang dari 0,05. Hasil Penelitian ini menunjukkan uji statistik didapatkan nilai p= 0,000 (α<0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada yang signifikan pengaruh Edukasi terhadap peningkatan pengetahuan tentang tanda bahaya masa nifas pada ibu nifas
Kata Kunci: Edukasi, Pengetahuan, Tanda Bahaya Nifas
References
Desmawati, Ritanti, & Dora Samaria. (2021). Health Teaching For Post Partum Women With Exercise Pasca Partum Through Interpersonal Communication. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat VI Tahun 2021 “Pengembangan Sumberdaya Menuju Masyarakat Mandiri Berbasis Inovasi IPTEKS” Universitas Muhammadiyah Purwokerto/ ISBN 978-623-5729-15-2.
Nafidina, Z. (2022). Efektifitas edukasi “Bobyblu” (Booklet Baby Blues) Terhadap Kejadian Baby Blues Syndrome Di PMB Bidan Ani, AMD. Keb Kabupaten Sukoharjo.
Notoatmodjo, S. (2014). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Rineka Cipta.
Pamuji, S. E. B. (2019). Faktor-faktor Yang Berhubungan dengan Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Tanda Bahaya Nifas di Wilayah Puskesmas Pangkah Kabupaten Tegal. Bhamada: . Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan (E-Journal), 10(1).
Siallagan, E. A., Sinabariba, M., & Hia, S. H. (2020). 2019. Elisabeth Health Jurnal, 5(02), 61–71. https://doi.org/10.52317/ehj.v5i02.311
UNICEF. (2019). Laporan PBB – untuk pertama kalinya, angka perempuan dan anak yang bertahan hidup capai tingkat tertinggi Lepas dari kemajuan yang sudah diraih, di dunia, ibu hamil dan bayi baru lahir mengalami kematian setiap sebelas detik. Seconds.
UNICEF. (2021, September). Data: Monitoring the situation of children and women:Maternal mortality. Unicef for Every Childrean.
Wahyuni, E. D. (2018). Bahan Ajar Kebidanan Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. Bahan Ajar Kebidanan Asuhan Kebidanan Nifas Dan Menyusui. Andi Ofset.
WHO. (2022). Recommendations on maternal and newborn care for a positive postnatal experience.
Yuhandini Diyah Sri, & Widiyastuti Dyah. (2021). The Effect Of Health Education With Media In Form Of Leaflet And Audio Visual (Video) On Husband Knowledge About The Danger Signs In Pregnancy And Postpartum In 2017. Journal of Maternity Care and Reproductive Health , 4(2).
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Kesehatan IQRA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.