TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Jurnal Ilmiah Kesehatan Iqra

  • Ibrahim Ibrahim Program Studi DIII Kesehatan Gigi STIKES Muhammadiyah Sidrap
  • Meriem Meisyaroh Syamson Prodi Ilmu Keperawatan FKM Universitas Muslim Indonesia
  • Deswanti Ramadhan
Keywords: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan, Gigi dan Mulut

Abstract

Salah satu upaya pembangunan dalam bidang kesehatan adalah tersedianya pelayanan kesehatan yang berkualitas. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Tujuan penelitian Untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Klinik Gigi Stikes Muhammadiyah Sidrap Kabupaten Sidenreng Rappang Tahun 2018. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Dengan jumlah Sampel 31. Berdasarkan hasil penelitian dengan tujuan untuk mengukur Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Klinik Gigi Stikes Muhammadiyah Sidrap Kabupaten Sidenreng Rappang Tahun 2018 maka dapat disimpulkan, Secara umum Klinik Gigi Stikes Muhammadiyah Sidrap diharapkan dapat mempertahankan kepuasan pasien tersebut dan meningkatkan lagi mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan memperhatikan berbagai dimensi, yaitu dimensi pelayanan, dimensi daya tanggap, dimensi tampilan fisik, dimensi empati, dan dimensi pelayanan medis.

References

Angraini, A. I. (2015). Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi Di Poliklinik Gigi Dan Mulut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru Kabupaten Bone. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanudin.
Harun D. (2001). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan terhadap mutu pelayanan pasien poliklinik gigi Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Sudarso Pontianak Kalimantan Barat tahun 2000. Tesis: Jakarta: Program Magister UI.
Imran. (2003). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Kesehatan Gigi dan Mulut di Klinik Regular Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL. R.E. Martadinata Jakarta. (Karya Tulis Ilmiah). Bandung: Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Bandung.
Pohan. (2006). Jaminan Mutu Layanan kesehatan: dasar-dasar pengertian dan penerapan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC
Setyaningsih W., Adriani R. B., Prihatini E. (2012). Mutu Pelayanan Dan Tingkat Kepuasan Pasien Di Klinik Terpadu Politeknik Kesehatan Surakarta. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan.
Suprapto (2001). Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk menaikkan pangsa pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2018-07-28
Section
Articles