PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PEMBERIAN GIZI SEIMBANG ANAK PRA SEKOLAH
Jurnal Ilmiah Kesehatan Iqra
Abstract
Kebiasaan pemberian makanan yang benar sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan, pertumbuhan, perkembangan, serta gizi bayi dan anak. Gizi merupakan salah satu faktor lingkungan dan merupakan penunjang agar proses tumbuh kembang tersebut dapat berjalan dengan memuaskan. Hal ini berarti pemberian makanan yang berkualitas dan kuantitasnya baik menunjang tumbuh kembang, sehingga anak dapat tumbuh normal dan sehat serta terbebas dari penyakit. Tujuan Penelitian untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan Orang Tua tentang Pemberian Gizi Seimbang pada Anak Pra Sekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Empagae Kabupaten Sidenreng Rappang Tahun 2018, pada tingkat Baik, cukup dan kurang. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. dengan jumlah populasi 123 orang dan tekhnik pengambilan sampel dengan Purposive sampling. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Empagae. Waktu penelitian pada tanggal 28 mei s.d 30 juni 2018. Intrumen penelitian berupa kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan responden Baik sebanyak 11 orang (31,4%), pengetahuan responden cukup sebanyak 21 orang (60%) dan pengetahuan responden kurang sebanyak 3 orang (8,6%). diharapkan di masa yang akan datang dapat digunakan sebagai salah satu sumber data untuk penelitian selanjutnya dan dilakukan penelitian lebih lanjut berdasarkan variabel yang berbeda, jumlah sampel yang lebih banyak, dan tempat yang berbeda. Sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi yang baik dan bermanfaat bagi dunia pendidikan khususnya dibidang kesehat
References
Almatsier, S.,( 2010). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Anita N. (2011). Mutu Mikrobiologi Minuman Jajanan Kantin Di Tiga Sekolah Wilayah Bogor. Institut pertanian bogor. 2011.
Budiman, Riyanto. A. (2013). Kapita Selekta Kuesioner. Salemba Medika, Jakarta.
Departemen Kesehatan RI. (2013).Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA. Pemberian Air Susu Ibu dan Makanan Pendamping ASI. Direktorat Bina Gizi Masyarakat, Jakarta 2009.
Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan. (2016). Prevalensi Gizi Buruk Pada Balita. Profil Kesehatan Sulawesi Selatan Tahun 2016. Makassar.
Hartono. (2014). Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. PT Refika Aditama. Bandung.
Institute Danone, Nakita.(2010). Sehat dan Bugar Berkat Gizi Seimbang. Kompas Gramedia, Jakarta 2010.
Kementerian Kesehatan RI. (2013). Direktorat Bina Gizi, Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA. Naskah Akademik Pedoman Gizi Seimbang. Direktorat Bina Gizi, Jakarta 2013.
Kementerian Kesehatan RI. (2012). Strategi Nasional Penerapan Pola Konsumsi Makanan dan Aktivitas Fisik Untuk Mencegah Penyakit Tidak Menular. Jakarta, Kemenkes 2012.
Kementerian Kesehatan RI. (2016). Status Gizi Balita. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta.
Mahmudiyanti, Elvina. (2015). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Kusuma Bangsa Gresik. www.cendekia.co.id
Maryunani, Anik. (2014). Asuhan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra sekolah. In Media. Jakarta
Mitayani & Sartika.W. 2010. Buku Saku Ilmu Gizi. Jakarta : CV. Trans Info Media.
Notoatmodjo,S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Perserikatan Bangsa-bangsa. (2012). Prevalesi Status Gizi Buruk di ASEAN, Food and Agriculture Organization (FAO), International Fund for Agricultural Development (IFAD), World Food Programme (WFP). Program kerja State of Food Insecurity in the World 2012.
Puskesmas Empagae. (2018). Data Jumlah Anak Pra Sekolah. Profil Puskesmas Empagae Tahun 2018. Sidrap.
Sa’diya, Lida Khalimatus. (2015).Hubungan Pola Makan dengan Status Gizi Anak Pra Sekolah di Paud Tunas Mulia Claket Kecamatan Pacet Mojokerto (Jurnal). Mojokerto, Jawa Barat.
Sari, Ethyca. (2017). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Makanan Sehat Untuk Anak Prasekolah Di Taman Kanak-Kanak Bahagia Surabaya. Penelitian Kebidanan. www.portalgaruda.co.id Surabaya.
Saryono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cet. Ke 21; Bandung: CV. Alfabeta, 2015.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sulistiyaningsih (2012). Metodologi Penelitian Kebidanan Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu, Yogyakarta.