PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD SATELIT TOBADAK MAMUJU TENGAH
Abstract
Upaya Kesehatan adalah setiap kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan yang dilakukan secara terpadu, terintregasi dan berkesinambungan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bentuk pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan, pengobatan penyakit, dan pemulihan kesehatan oleh Pemerintah dan/atau masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tanggapan, jaminan, bukti fisik, empati dan kehandalan terhadap kepuasan pasien rawat inap diRSUD Satelit Tobadak. Metode penelitian ini yaitu deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dari penelitian ini sebanyak 764 pasien dan jumlah sampel sebanyak 80 pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara tanggapan, jaminan, bukti fisik, empati dan kehandalan dengan kepuasan pasien. Sedangkan dari hasil uji statistic person chi-cruare test diketahui bahwa, ada pengaruh yang siknifikan antara jaminan, bukti fisik, empati terhadap kepuasan pasien, sedangkan tanggapan dan kehandalan tidak ada pengaruh yang signifikan dengan kepuasan pasien.
References
Erni, M., Hadju, V., Jafar, N. (2012). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit Umum (Rsud) Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Makassar Vol.2, No.1, Agustus 2012
Menteri Kesehatan Republik Indonesia, (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit
Republik Indonesia (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit
Republik Indonesia (2014). Undang.Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan
Rosita Saragih, Arlina Nurbaity Lubis dan Raras Sutatniningsih (2010). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit Umum Herna Medan
Steffi Barmo, Balqis, Nurhayani, (2013). Hubungan Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Pemanfataan Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Puskesmas Antang Perumnas Kota Makassar. Bagian AKK Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Makassar
Widya chitami puti, (2013), pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Dan Rawat Inap Rumah Sakit Otorita Batam. Fakultas bisnis dan manajemen unifersitas widyatama bandung
Yuristi Winda Bata, Muh. Alwy Arifin, Darmawansyah, (2013). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes Sosial Pada Pelayanan Rawat Inap Di Rsud Lakipadada Kabupaten Tana Toraja,Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.