GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT

  • Muliana Muliana
Keywords: Kepuasan pasien, Pelayanan kesehatan gigi dan mulut

Abstract

Penyelenggaraan upaya kesehatan gigi di Puskesmas merupakan upaya kesehatan yang di laksanakan secara menyeluruh, terpadu, merata dan meliputi upaya peningkatan, pencegahan, penyembuhan dan pemulihan yang di rujukan pada semua golongan umur maupun jenis kelami. Kata kunci: Pengetahuan, Kesehatan gigi dan mulut Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan mulut dengan menggunakan desain deskriptif pada 55 jumlah sampel. Hasli penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan pasien ditinjau terhadap pelayanan kesehatan berupa sikap terbanyak pada kriteria nyata sebanyak 52 responden (94,55%). Kepuasan pasien ditinjau terhadap pelayanan kesehatan berupa sikap terbanyak pada kriteria tidak peduli sebanyak 29 responden  52,73%). Kepuasan pasien ditinjau terhadap pelayanan kesehatan berupa sikap terbanyak pada kriteria mampu sebanyak 50 responden (90,91%). Kepuasan pasien ditinjau terhadap pelayanan kesehatan berupa sikap terbanyak pada kriteria peduli sebanyak 26 responden (47,27%). Kepuasan pasien ditinjau terhadap pelayanan kesehatan berupa sikap terbanyak pada kriteria menjamin sebanyak 52 responden (94,55%).      Diharapkan bagi kepada seluruh petugas (dokter dan perawat gigi) di Poli Gigi Puskesmas Pangkajene agar dapat mempertahankan serta meningkatkan aspek-aspek kepuasan yang seperti: Kenyataan, Kemampuan, Ketanggapan, Jaminan, Empati.

References

Depkes RI. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia
Hermawanto Hery.2010.Biostatika Dasar.Jakarta:Trans info Media
Rahmadhan, Ardyan Gilang.2010.Serba Serbi Kesehatan Gigi Dan Mulut.Jakarta:Bukune
Elpindri, Elmiyasna, Mitayani, Hasnita Evi, Abidin Zainal.2009.Soft Skill.Jakarta:Baduose Media
Purwanto, S.2007.Kepuasaan Pasien Terhadap pelayanan rumah Sakit
Published
2016-12-20
Section
Articles