TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI UPTD PUSKESMAS LEPO-LEPO KECAMATAN BARUGA KOTA KENDARI TAHUN 2022

  • Ishak Kenre ITKES Muhammadiyah Sidrap
  • Yuyun Maswari ITKES Muhammadiyah Sidrap
Keywords: kesehatan gigi dan mulut, pelayanan kesehatan

Abstract

Masalah kesehatan merupakan masalah yang pokok bagi masyarakat. Kesehatan gigi
merupakan bagian integral dari kesehatan secara keseluruhan yang dapat mempengaruhi kualitas
hidup. Puskesmas adalah Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Salah satu indikator dari keberhasilan suatu
pelayanan kesehatan yaitu kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan
gambaran yang jelas mengenai kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poli Gigi UPTD
Puskesmas Lepo-lepo Kecamatan Baruga Kota Kendari.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu rancangan penelitian
sederhana atau sampling survey yang dilakukan dengan menggunakan skala Likert di Poli Gigi UPTD
Puskesmas Lepo-lepo Kecamatan Baruga Kota Kendari pada bulan Februari sampai dengan Maret
2022 dengan jumlah sampel sebanyak 152 orang.
Analisis data dilakukan secara manual menggunakan skala Likert. dimensi realibility/
kehandalan yaitu sebanyak 566 oleh 74,5% responden, responsiveness/ daya tanggap sebanyak 563,
oleh 74,1% responden, assurance / jaminan kepastian sebanyak 574 oleh 75,6% responden,
emphaty / empati sebanyak 563, oleh 74,1% responden, tangible / fasilitas fisik sebanyak 542, oleh
71,3% responden.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dari dimensi realibility/
kehandalan, responsiveness/ daya tanggap, assurance / jaminan kepastian, emphaty / empati dan
tangible / fasilitas fisik, semuanya termasuk dalam kategori memuaskan.

Published
2022-11-14