Hubungan Organisasi Dengan Peningkatan Mutu Pelayanan Puskesmas Baranti Kabupaten Sidrap

  • Sri Handayani Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Muhammad Tahir Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Sri Sakinah Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan kesehatan adalah program kesehatan yang ditujukan kepada perorangan atau masyarakat dan dilaksanakan secara bersama-sama dalam suatu organisasi dan dengan tujuan untuk memelihara atau meningkatkan derajat kesehatan dengan peningkatan mutu pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar pelayanan dan standar profesi dengan potensi yang ada dan yang tersedia.

 

Metode : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan organisasi dengan peningkatan mutu pelayanan Puskesmas Baranti Kabupaten Sidrap Tahun 2019. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 16 Mei sd 14 Juni 2019 di Puskesmas Baranti Kecamatan Sidrap. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Baranti Kabupaten Sidrap. Adapun besaran sampel dalam penelitian ini adalah 51 responden, dengan menggunakan Purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel.

 

Hasil: Hasil penelitian menggunakan analisis Chi-square dengan taraf signifikan (p = 0,001; p < 0,05) diperoleh ada hubungan antara organisasi dengan peningkatan mutu pelayanan Puskesmas sebanyak (70,6%) Pegawai Puskesmas Puskesmas yang aktif berorganisasi dan memiliki peningkatan kualitas yang baik sebanyak (82,4%) di Puskesmas Baranti Kabupaten Sidrap

 

Kesimpulan: Ada hubungan antara organisasi dengan peningkatan mutu pelayanan di Puskesmas Kecamatan Baranti Kabupaten Sidrap Tahun 2019, dibuktikan dengan hasil uji Square P-Value 0,001 < dari 0,05.

Published
2022-11-11