Perubahan Sistem Pelayanan Keperawatan di UPT Puskesmas Lamurukung Kabupaten Bone Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Muhammad Tahir Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Idawati Idawati Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Sri Sakinah Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap

Abstract

Objektif: Perubahan Sistem Pelayanan Keperawatan di UPT Puskesmas Lamurukung Kabupaten Bone Pada Masa Pandemi Covid-19Coronavirus Disease 2019. (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkanoleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). SARS-CoV-2 merupakan coronavirus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Pada kondisi Pandemi COVID-19 ini, puskesmas perlu melakukan berbagai upaya dalam penanganan, pencegahan dan pembatasan penularan infeksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perubahan sistem pelayanan keperawatan di UPT Puskesmas Lamurukung pada masa pandemi Covid-19.

 

Metode : Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode case study dengan jumlah informan sebanyak 15 orang.

 

Hasil: Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan terhadap sistem pelayanan keperawatan di UPT Puskesmas Lamurukung Kabupaten Bone pada masa Pandemi Covid-19 sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Petunjuk Teknis Pelayanan Puskesmas pada Masa Pandemi Covid-19.

 

 

Kesimpulan: Perubahan sistem pelayanan keperawatan di Puskesmas Lamurukung pada masa Pandemi Covid-19 dari tidak adanya penerapan protokol kesehatan menjadi diterapkannya protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan lain sebagainya.

Published
2022-11-05