A ANALISIS PERBEDAAN MUTU PELAYANAN PASIEN BPJS DAN NON BPJS DI RUMAH SAKIT ANUGRAH PANGKAJENE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

ANALYSIS OF DIFFERENCES IN THE QUALITY OF SERVICES BETWEEN BPJS AND NON-BPJS PATIENTS AT ANUGRAH PANGKAJENE HOSPITAL, SIDENRENG RAPPANG REGENCY

  • amaliah nurul haqiqih institut Teknologi dan Sains Muhammadiyah Sidrap
Keywords: Mutu Pelayanan, BPJS,Non BPJS

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan merupakan salah satu indikator penting dalam menilai keberhasilan penyelenggaraan layanan di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pelayanan timbal balik antara pasien BPJS dan Non BPJS di Rumah Sakit Anugrah Pangkajene, Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden yang terdiri dari 30 pasien BPJS dan 30 pasien Non BPJS, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner berbasis dimensi mutu pelayanan kesehatan menurut Donabedian, meliputi aspek struktur, proses, dan hasil. Data dianalisis menggunakan uji Independent T-Test untuk mengetahui perbedaan yang signifikan

      Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata mutu pelayanan pasien BPJS sebesar 23,00, sedangkan pada pasien Non BPJS sebesar 22,00 dengan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,712 (p > 0,05), yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara mutu pelayanan kedua kelompok. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mutu pelayanan yang diberikan kepada pasien BPJS dan Non BPJS di Rumah Sakit Anugrah Pangkajene relatif sama. Diharapkan pihak rumah sakit terus menjaga prinsip keadilan dan peningkatan kualitas pelayanan bagi seluruh pasien tanpa membeda-bedakan

Published
2025-08-29