Hubungan Tingkat Pengetahuan Pasien Terhadap Kejadian Karies Di Poli Gigi Puskesmas Pangkajene Kabupaten Sidrap Tahun 2022

  • Arsyad Arsyad ITKES Muhammadiyah Sidrap
  • Nofyanto Tanjung Bulu ITKES Muhammadiyah Sidrap
  • Muh. Febri Saputra ITKES Muhammadiyah Sidrap
Keywords: Pengetahuan, Karies, Gigi

Abstract

Hubungan Tingkat Pengetahuan Pasien Terhadap Kejadian Karies Di Poli Gigi Puskesmas Pangkajene Kabupaten Sidrap Tahun 2022

 

Arsyad1, Nofyanto Tanjung Bulu2, Muh Febri Saputra3

Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap , Kabupaten Sidrap, Indonesia

Arsyadalif89@gmail.com

 

 

Abstrak

Latar Belakang

      Pengetahuan sangat erat hubungannya dengan pendidikan,dimana diharapkan bahwa dengan pendidikan yang tinggi maka orang tersebut akan semakin luas pula pengetahuannya. Akan tetapi perlu ditekankan, bukan berarti seseorang yang berpendidikan rendah mutlak berpengetahuan rendah pula (Sulastri, Widayati and Faot, 2014).

Penelitian yang dilakukan oleh Rita Sari 2016 bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi dengan kejadian karies gigi pada anak di Desa Banjar Negeri dengan nilai p value 0,029 (Sari, 2016).

Objektif

      Untuk mengetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan Pasien Terhadap Kejadian Karies Di Poli Gigidi Puskesmas Pangkajene kabupaten Sidrap Tahun 2022.

Metode

      Deskriptif observasional dengan pendekatan cross sectional, melakukan penelitian secara bersamaan untuk menghubungkan antara variabel independent dan variabel dependent yang diteliti terhadap sampel dan populasi yang ditentukan.

Hasil

      Responden yang berpengetahuan kurang 19 orang (13.5 %), sedangkan jumlah responden dengan pengetahuan baik sebanyak 81 responden (57.4%), sedangkan responden dengan pengetahuan cukup sebanyak 41 orang (29.1%).

Kesimpulan

      Ada hubungan pengetahuan pasien dengan kejadian Karies Gigi pada pasien poli gigi Puskesmas Pangkajene.

KATA KUNCI: Pengetahuan, Karies, Gigi

Published
2022-12-31