Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di UPTD Puskesmas Lepo-Lepo Kecamatan Baruga Kota Kendari Tahun 2022

  • Sultan Amin Yasin ITKES Muhammadiyah Sidrap
  • Arsyad Arsyad ITKES Muhammadiyah Sidrap
  • Nofyanto Tanjung Bulu ITKES Muhammadiyah Sidrap
  • Yuyun Maswarni ITKES Muhammadiyah Sidrap
Keywords: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut, Puskesmas

Abstract

Latar Belakang . Masalah kesehatan merupakan masalah yang pokok bagi masyarakat. Kesehatan gigi merupakan bagian integral dari kesehatan secara keseluruhan yang dapat mempengaruhi kualitas hidup. Puskesmas adalah Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Salah satu indikator dari keberhasilan suatu pelayanan kesehatan yaitu kepuasan pasien.

Tujuan: Untuk mengetahui Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poli Gigi UPTD Puskesmas Lepo-lepo Kecamatan Baruga Kota Kendari tahun 2022.

Metode. Metode deskriptif kualitatif yaitu rancangan penelitian sederhana atau sampling survey yang dilakukan dengan menggunakan skala Likert di Poli Gigi UPTD Puskesmas Lepo-lepo Kecamatan Baruga Kota Kendari pada bulan Februari sampai dengan Maret 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 152 orang.

Hasil. Analisis Univariat menggunakan computer SPSS Versi 21. dimensi realibility yaitu 69,2%, hal ini termasuk dalam kategori memuaskan, responsiveness sebesar 67,8%, hal ini termasuk dalam kategori Cukup Memuaskan (CM), assurance sebesar 74,7%. Hal ini termasuk dalam kategori Memuaskan (M), emphaty sebesar 67,6%. Hal ini termasuk dalam kategori Cukup Memuaskan (CM), tangible 69,5%, hal ini termasuk dalam kategori   Memuaskan (M).

Kesimpulan . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dari dimensi realibility , responsiveness , a ssurance , e mphaty dan tangible , semuanya termasuk dalam kategori memuaskan.

KATA KUNCI : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut, Puskesmas

Published
2022-12-31