Analisa Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi Di Satuan Kesehatan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan Dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) Bumimoro Krembangan Surabaya Jawa Timur Tahun 2022

  • Mulyana Mulyana ITKES Muhammadiyah Sidrap
  • Pariati Pariati STIKES AMANAH Makassar
  • Juwita Husaini ITKES Muhammadiyah Sidrap
  • Samsuddin Samsuddin ITKES Muhammadiyah Sidrap
Keywords: Kepuasan Pasien, Pelayanan, Kesehatan Gigi

Abstract

Abstrak

Latar Belakang: Data laporan bulanan pada tahun 2022 Satuan Kesehatan Kodiklatal Bumimoro mengalami peningkatan dari bulan Januari kunjungan pasien sebanyak 132 dan Februari 201. Peningkatan tersebut dapat disebabkan karena menurunnya derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat sehingga meningkatnya jumlah kunjungan.

Tujuan Penelitian: Untuk Menganalisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi di Satuan Kesehatan Kodiklatal Bumimoro, Krembangan, Surabaya Jawa Timur.

Metode Penelitian: Menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk membuat gambaran tentang suatu keadaan secara objektif untuk mendapatkan gambaran mengenai pendapat pasien dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya dalam memperoleh pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Satuan Kesehatan Kodiklatal Bumimoro, Krembangan, Surabaya, Jawa Timur. Sampel sebanyak 40 pasien yang datang ke Poli Gigi telah mendapatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut serta bersedia mengisi kuisioner.

Kesimpulan: Gambaran tingkat kepuasan pasien yang berkunjung ke Satuan Kodiklatal berdasarkan dimensi kepuasan yaitu Kepuasan Terhadap Kehandalan Dalam Memberikan Layanan ( Reliability ), Ketanggapan ( Responsiveness ), Kejelasan Tindakan/Perawatan ( Assurance ) Sikap Empati ( Empathy ), Sarana Dan Prasarana ( Tangible) menghasilkan diperoleh bahwa rata-rata responden merasa puas dengan proporsi rata-rata sebesar 77,38 % Dimensi kelima merupakan representasi menyeluruh tentang Pelayanan Kesehatan Gigi di Satuan Kodiklatal Krembangan, Surabaya, Jawa Timur.

Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan, Kesehatan Gigi

Published
2022-12-30