HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS MARIDAN KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA TAHUN 2022
Abstract
Persepsi pasien BPJS di Puskesmas Mari dan Kabupaten Penajam Paser Utara Tahun 2022 terhadap lima dimensi kepuasan termasuk kategori baik. Adanya hubungan mutu antara pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Maridan Kabupaten Penajam Paser Utara Tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Total sampling dengan waktu tertentu, hubungan mutu antara pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan kepuasan melalaui cara observasi. Dan pengumpulan data Semua pasien yang datang berobat di Poli Gigi Puskesmas Maridan Kabupaten Panajam Paser Utara Tahun 2022. Analisis data dilakukan Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di Puskesmas Maridan Kabupaten penajam Paser Utara Tahun 2022 pada Tabel 4.5. berdasarkan tangibles (bukti fisik) kategori puas sebanyak 46 orang (95.8%), realible (kehandalan), kategori puas 46 orang (95,8%), responsivenes (ketanggapan) Kategori puas 46 orang (95,8%) ,assurance (jaminan), kategori puas sebanyak 47 orang (97,9%), ) dan empathy (empati), kategori puas sebanyak 46 orang (95,8%). Pada bulan April sampai dengan Mei 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 48 orang. Berdasarkan hasil penelitaian dan pembahasan yang dilakukan tangibles (bukti fisik) realible (kehandalan) responsivenes (ketanggapan) dan empathy (empati), Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Kepuasan Pasien Bpjs diperoleh hasil bahwa assurance (jaminan) sangat berpengaruh.