SI KEBIDANAN

HUBUNGAN STATUS GIZI IBU BERSALIN DENGAN KEJADIAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH (BBLR) DI RSUD DR. H. L.M. BAHARUDDIN, M.Kes KABUPATEN MUNA

  • shelvie wuna sary SI KEBIDANAN
Keywords: Status Gizi, BBLR

Abstract

                                                                                                                                              ABSTRACK

           Bayi yang lahir dengan berat badan lahir rendah merupakan salah satu faktor risiko yang berkontribusi terhadap kematian bayi terutama pada masa perinatal. Kondisi bayi BBLR disebabkan oleh kondisi ibu saat hamil (kehamilan remaja, malnutrisi, dan komplikasi kehamilan), bayi kembar, janin dengan kelainan atau kondisi bawaan, dan gangguan pada plasenta yang menghambat pertumbuhan bayi (intrauterine growth restriktion). ).

          Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi ibu melahirkan dengan kejadian BBLR. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di dr. HLM. Baharuddin., M.Kes Kabupaten Muna pada bulan Mei-Juni 2023 dengan jumlah sampel 92 ibu bersalin yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji Chi Square diperoleh nilai p = 1,04 yang berarti nilai p > 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara status gizi ibu dengan kejadian BBLR.

 

Daftar Pustaka: 31 (2014 – 2022)

Kata Kunci      : Status Gizi, BBLR

Published
2024-07-24