Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan

  • Muhammad Syukri Prodi Administrasi Kesehatan ITKeS Muhammadiyah Sidrap

Abstract

Penyelenggaraan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di tingkat dasar di Indonesia adalah melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang merupakan unit organisasi fungsional Dinas Kesehatan Kabupaten dan diberi tanggung jawab sebagai pengelola kesehatan bagi masyarakat tiap wilayah kecamatan dari kabupaten bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang saja yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 65 responden. Teknik pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling yaitu dengan purposive sampling. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa dari 23 responden yang mengatakan puas terhadap tanggap petugas sebanyak 8 responden (12,3%) yang tingkat kepuasan baik, 6 responden (9,2%) yang tingkat kepuasan cukup dan 9 responden (13,8%) yang tingkat kepuasan kurang. Dari 29 responden yang mengatakan cukup puas terhadap tanggap petugas sebanyak 5 responden (7,7%) yang tingkat kepuasan baik, 15 responden (23,1%) yang tingkat kepuasan cukup dan 9 responden (13,8%) yang tingkat kepuasan kurang. Dari 13 responden yang mengatakan kurang puas pada tanggap petugas sebanyak 1 responden (1,5%) yang tingkat kepuasan baik, 2 responden (3,1%) yang tingkat kepuasan cukup dan 10 responden (15,4%) yang tingkat kepuasan kurang. Untuk itu perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, sehingga penyelenggaraannya sesuai dengan keinginan pasien dan memberikan kepuasan bagi pasien.

Published
2021-09-30
Section
Articles